Standar Pelayanan Minimal (SPM) Tahun 2016

 

INSTALASI/

BAGIAN

NO SASARAN / INDIKATOR MUTU UKURAN HASIL BULAN
JAN PEB MAR APRIL MEI JUNI
IGD FISIK 1 Keberhasilan resusitasi pasien Gawat Darurat Fisik 100% 100 100 100 0 100 100
2 Jam buka pelayanan gawat darurat 24 jam 100 100 100 0 24 24
3 Pemberian pelayanan yang bersertifikat BLS/PPGD/GELS/ALS 100% 100 100 100 0 100 100
4 Time respon pelayanan dokter di IGD ≤ 5 menit 2 2.02 2.17 0 2,11 2178
5 Kepuasan pelanggan IGD ≥ 70% 70,1 71 71 81,7 0 0
6 Kematian pasien ≤ 24 jam di IGD ≤ 2 ‰ 0 0 0 0 0 0
IGD PSIKIATRI 7 Time respon pskiatri akut (gaduh gelisah) ≤ 48 jam 100% 100 100 100 0 100 30,4
8 Angka Pencederaan fisik ≤ 1% 0 0 0 0 0 0
9 Tidak adanya keharusan untuk membayar uang muka 100% 100 100 100 0 100 100
RAWAT JALAN 10 Pemberi pelayanan di klinik spesialis 100% 96,3 97 97,3 100 98,8 100
11 Waktu tunggu di rawat jalan ≤ 60 menit 45,12 46.64 47.72 49,16 50,48 53,36
12 Jam buka pelayanan 100% 100 100 100 100 100 100
13 Time respon klinik spesialis psikiatri ≤ 60 menit 59,33 55.56 57.98 57,24 56,44 52,16
14 Time respon klinik non psikiatri ≤ 60 menit 49,72 52 53.96 53,32 50,52 50,08
15 Ketersediaan Pelayanan Rawat Jalan 100% 100 100 100 45,46 0 45,3
16 Kepuasan pelanggan rawat jalan ≥ 90% 70 69 72 94,4 0 0
RAWAT  INAP 17 Kejadian Infeksi Nosokomial ≤ 1,5% 0,1 0,19 0,06 0 0 0
18 Penurunan PANSS < 20 pada hari ke 14 ≥ 80% 99,74 98,8 99,79 0 0 0
19 Pasien bunuh diri ≤ 1% 0 0 0 0 0 0
20 Pasien lari ≤ 1% 0,08 0 0 0 0 0
21 Komplikasi Fiksasi ≤ 1% 0,04 0,16 0,08 0 0 0
22 Compliance Rate Penerapan Askep ≥ 90% 99,21 99,94 99,74 0 0 0
23 Pulang Paksa ≤ 5% 0,11 0,09 0 0 0 0
24 ALOS ≤ 6 minggu 20.81 hr 22,5 22.85 hr 0 0 0
25 BOR (Bed Occupancy Rate) ≥ 80% 64,39 65,71 74,53 58,9 0 0
26 Pemberi Pelayanan di Rawat Inap ≥ 80% 95,96 95,96 95,96 0 0 0
27 DPJP Rawat Inap 100% 100 100 100 0 0 0
28 Jam Visite dokter spesialis 100% 100 98 98 0 0 0
29 Tidak ada pasien jatuh berakibat cacat atau mati 100% 100 100 100 0 0 0
30 Kematian pasien > 48 jam ≤ 0,025% 0,0002 0 0 0 0 0
31 Kepuasan pelanggan rawat inap ≥ 90% 98 98 96 85,11 0 0
32 Ketersediaan Pelayanan Rawat Inap 100% 100 100 100 0 0 0
33 Re-admission pasien gangguan jiwa 100% 95,44 97,1 95,68 0 0 0
INTENSIF PSIKIATRI 34 Time respon pelayanan intensif < 7 hari 100% 100 98,06 100 0 0 0
35 Pemberi Pelayanan intensif dokter spesialis 100% 100 100 100 0 0 0
36 Penurunan PANSS < 20 pada hari ke 14 ≥ 80% 0 0 0 0 0 0
RADIOLOGI 37 Waktu tunggu hasil pelayanan thoraks foto  ≤ 3 jam 3.96 0.08 0,98 0 0 0
38 Pelaksanaan ekspertisi hasil pemeriksaan rontgen dokter Sp.Rad 100% 68.18 61.76 57.14 0 0 0
39 Kejadian kegagalan foto rontgen  ≤ 2% 2.27 0 0 0 0 0
40 Kepuasan pelanggan pelayanan radiologi ≥ 80% 85,7 89,7 82,7 85,1 0 0
ELEKTROTERAPI 41 time respon pelayanan ECT kurang atau sama dengan30 menit ≤ 30 menit 39 32 34 0 0 0
42 Berkurangnya gejala Psikotik (Panss score) 100% 0 0 0 0 0 0
ELEKTRODIAGNOSTIK 43 Time Respon pelayanan  EEG kurang atau sama dengan 30 mneit ≤ 30 menit 22.3 0 16 0 0 0
FISIOTERAPI 44 Time respon  pelayanan  fisioterapi kurang atau sama dengan 5 menit ≤ 5 menit 1.13 1.33 1.87 1,56 1,83 0
45 Kepuasan Pelanggan ≥ 80% 81,1 82 84,3 0 0 0
PSIKOLOGI 46 Time respon  hasil pemriksaan psikologi kurang dari 1 hari 1 hari% 10 jam 4.8 jam 7.5 jam 0 0 0
47 Kepuasan Pelanggan ≥ 90% 71,4 75 80 0 0 0
LABORATORIUM 48 Waktu tunggu hasil pelayanan laboratorium Patologi Klinik ≤ 140 menit 80.76 91.5 80.76 94,76 91,35 94,62
49 Pelaksanaan ekspertisi hasil pemeriksaan laboratorium dokter Sp.PK 100% 100 100 100 100 100 100
50 Tidak adanya kesalahan penyerahan hasil pemeriksaan laboratorium 100% 100 100 100 100 100 100
51 Kepuasan pelanggan pelayanan lab ≥ 80% 84 86 86 88 88 88
REHAB MENTAL 52 Pencapaian lebih atau sama dengan pasien Mandiri  scoring baik  lebih atau sama dengan 90% ≥ 90% 0 0 0 0 0 0
53 Kejadian DO   pasien thd rehabilitasi yg direncanakan kurang atau sama dengann50 % ≤ 50 % 0,0053 0,0039 0,0061 6,76 8,74 0
54 Kepuasan Pelanggan ≥ 80% 75 76 76 0 0 0
FARMASI 55 Waktu tunggu pelayanan obat jadi ≤ 30 menit ≤ 30 menit 17.6 17.5 17,4 17,6 0 0
56 Waktu tunggu pelayanan obat racikan ≤ 60 menit ≤ 60 menit 29.5 29,3 29,5 29,6 0 0
57 Tidak adanya kesalahan pemberian obat 100% 100 100 100 100 0 0
58 kepuasan pelanggan pelayanan farmasi ≥ 80% 93 93 97 97 0 0
59 Compliance Rate formularium RS 100% 100 100 100 100 0 0
GIZI 60 Ketepatan waktu pemberian makanan pasien ≥ 90% 100 100 100 0 0 0
61 Sisa makanan yang tidak termakan oleh pasien ≤ 20% 3 3 2,8 0 0 0
62 Tidak ada kejadian kesalahan pemberian diet 100% 100 100 100 0 0 0
REKAM MEDIS 63 Kelengkapan  Pengisian Rekam Medik 2×24 jam sth pelayanan/pulang 100% 85,12 85,86 86.22 87,08 87,3 0
64 kelengkapan informed consent setelah mendapat informasi yang jelas 100% 100 100 100 100 0 0
65 Waktu penyediaan dok Rekam medis  Rawat jalan kurang atau sama dengan 10 menit 100% 10,15 10,01 9,86 5,83 7,18 0
66 Waktu penyediaan dok Rekam medis  Rawat Inap  kurang atau sama dengan 15 menit 100% 14 13,3 13,7 12 11,7 0
LAUNDRY 67 Tidak ada kejadian linen hilang 100% 99.84 99.86 99.9 0 0 0
68 Ketepatan waktu penyediaan linen untuk rawat inap 100% 100 100 100 0 0 0
PENGELOLAAN LIMBAH 69 Baku mutu limbah cair 100% 0 0 0 0 0 0
70 Pengelolaan limbah padat berbahaya sesuai dengan aturan 100% 100 100 100 0 0 0
ADMIN MANAJEMEN 71 Tindak lanjut  penyelesain  hasil pertemuan direksi 100% 0 0 0 0 0 0
72 Kelengkapan  laporan akuntabilitas kinerja 100% 100 100 100 0 0 0
73 ketepatan waktu pengusulan kenaikan pangkat 100% 0 0 0 0 0 0
74 Ketepatan waktu pengurusan gaji berkala 100% 100 100 100 0 0 0
75 Karyawan Mendapatkan pelatihan minimAL 20  jam setahun 100% 4 9 1 0 0 0
76 cost recovery ≥ 40 % 100% 46 41 40 0 0 0
77 ketepan waktu pemberian  informasi tagihan pasien rawat inap  kurang atau sama dengan 2 jam 100% 100 100 100 0 0 0
78 Ketepatan pemberian insentif sesuai dengan kesepakatan waktu 100% 67 67 67 0 0 0
 AMBULANS / MOBIL  JENASAH 79 Waktu pelayanan Ambulan / keretajenazah kurang atau sam dgn 2jam 24 jam 24 24 24 0 0 0
80 kecepaatan memberikan  pelayanan ambulans kereta jenazah kurag atau sama denagn 30 mnt 100% 100 100 100 0 0 0
Pelayanan Pamulasaran Jenazah 81 waktu tanggap  pelayanan  pamulasaran jenazah kurang atau sama dengan 2 jam ≤ 2 jam 0 1 jam 1 jam 0 0 0
Pemeliharaan Sarpras 82 kecepatan waktu menanggapi kerusakan alat RS ≥ 30% 80 80 80 0 0 0
83 ketepatan waktu pemeliharaan alat 100% 90 90 90 0 0 0
84 ketepatan waktu pemeliharaan peralatan lab  dan alat  ukur yang digunakan  utk pelayanan terlalibrasi tepat waktu sesuai  dengan ketentuan kalibrasi 100% 80 80 80 0 0 0
Pelayanan Kesehatan jiwa forensik 85 waktu tunggu pelayanan  keterangan sehat jiwa  kurang atau sama dengan 2 hari ≤ 2 hari 48 jam 48 jam 48 jam 0 0 0
86 waktu tunnggu pelayanan surat Visum  et repertumkurang  14 hari ≤ 14 hari 13 13 13 0 0 0
87 Waktu tunggu pelayanan   surat keterangan  bebas narkoba  kurang 1 hari  ≤ 1 hari 1 1 1 45,46 47,15 0
PENCEGAHAN INOS 88 ada anggota tim PPI terlatih ≥ 75% 100 100 100 0 0 0
89 tersedia APD disetiap unit/ instalasi ≥ 60% 100 100 100 0 0 0
90 kegiatan pencatatan  dan pelaporan Inos di RS  ≥ 75% 100 100 100 0 0 0

                                                                                                                    Semarang, 1 April 2016

                                                                                                                              Direktur,

 

 

                                                                                                            Dr. Sri Widyayati, Sp.PK, M.Kes

                                                                                                               NIP. 19590423 198611 2 001

Share

admin-pde

Instalasi PDE RSJD dr. Amino Gondohutomo Support & Maintenance

Comments

  1. Terima kasih artikelnya sangat membantu sekali

  2. Terimakasih sangat bermanfaat semoga bisa menginspirasi yang lainnya

  3. Artikelnya Menarik, oh iya ada info nih : MAU Jasa Pasang Cctv Malang ? Kunjungi Website Kami Yuk Lihat disini https://cctvmalang.com

  4. Artikelnya Bagus, oh iya ada info nih : MAU Pemasangan Cctv Malang ? Kunjungi Website Kami Yuk Cek Disini https://cctvmalang.com

  5. Postingannya Bagus, oh iya ada info nih : MAU Jasa Kirim Motor ? Mampir Gan Ke Website Kaos Polos Terbaik Kualitas Distro di Seluruh Indonesia Klik Disini https://makharyacargosurabaya.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WordPress Video Lightbox Plugin