Dukungan Psikososial pada Ibu Hamil Kec. Guntur Kab. Demak

Dukungan Psikososial pada Ibu Hamil Kec. Guntur Kab. Demak
Kehamilan kadang membuat seseorang mengalami gangguan jiwa, apalagi kalau orang tersebut tidak siap dengan kehamilannya. Setiap orang berbeda dalam menyikapi suatu masalah tergantung pengalaman, kepribadian maupun mekanisme coping yang dilakukan. Beberapa tata laksana yang dapat dilakukan dalam mekanisme coping antara lain dengan cara menenangkan diri, mengalihkan kegiatan & pikiran sejenak, melakukan hal positif yang berlawanan dengan perasaan, kesadaran emosi mengidentifikasi & mengekspresikan perasaan serta mindfullness ( fokus pada pikiran dan perasaan ). Demikian antara lain yang disampaikan oleh dr. Muflihatunnaimah, M.Kes, Sp.KJ dalam acara Refreshing “Dukungan Psikososial Pada Ibu Hamil dan Tata Laksana Perdarahan Dalam Persalinan Bagi Bidan di Kecamatan Guntur Demak” (2/12).
.
Narasumber lain Asih Ariyani, SSIT, M.Kes, Kasi Kesga Dinas Kesehatan Kab Demak menyampaikan materi Kebijakan Penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi di Kabupaten Demak, mengingat masih tingginya AKI AKB disana. Sedangkan narasumber terakhir adalah dr Adi Rahmawan, SpOG yang menyampaikan materi penanganan perdarahan pada ibu hamil dan melahirkan dengan pemenuhan suplemen asam folat dan kalsium.
.
Acara ini masih menjadi rangkaian kegiatan Kampanye Kesehatan RSJD Dr. Amino Gondohutomo dalam rangka HKN ke-56 dan HUT Korpri ke-49. Kegiatan yang berlangsung di aula kecamatan Guntur ini dibuka oleh Camat Guntur Ali Mahbub SH MH dan sambutan dari RSJD dr Amino Gondohutomo oleh ketua rombongan Dra. Anggraeni Eka Purnamasari.
.
Acara diikuti oleh 40 orang terdiri dari kepala puskesmas dan bidan dari Puskesmas Guntur I, Puskesmas Guntur II, beberapa klinik pratama dan tokoh masyarakat dari Desa Temuroso, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.
Share

Humas RSJD Dr. Amino Gondohutomo

Selamat datang di website RSJD dr. Amino Gondohutomo, Kami siap membantu Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WordPress Video Lightbox Plugin